Cara Menguruskan Badan Secara Efektif

Kelebihan berat badan menjadi masalah bagi sebagian orang di seluruh dunia. Kondisi ini sangat menganggu baik bagi wanita maupun pria. Meski demikian, kaum wanitalah yang lebih memperhatikan masalah kelebihan berat badan ini sehingga menempuh berbagai cara menguruskan badan. Cara menurunkan berat badan untuk mencapai berat ideal memang bukan persoalan mudah.

Bagi sebagaian orang, tentu akan sangat sulit menempuh berbagai metode dan cara meguruskan badan. Dibutuhkan tekad kuat, konsistensi dan tentu saja disiplin tinggi dalam menjalani metode-metode pelangsingan yang diambil sebagai cara menguruskan badan.

Cara menguruskan badan yang paling umum adalah dengan melakukan diet. Program diet adalah pengaturan pola makan dengan menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi setiap kali makan. Bagi sebagian orang, cara menguruskan badan dengan metode diet makanan bisa berhasil dengan mudah. Namun tidak menjamin program diet yang dilakukan satu orang akan cocok dan berhasil juga pada orang lain.

Hal tersebut juga tergantung pada kondisi tubuh, pola konsumsi makanan dan juga konsistensi dan tingkat disiplin masing-masing orang. Untuk melakukan program diet sebagai cara menguruskan badan, kita harus bisa menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi. Ketika berbelanja bahan makanan kita harus tahu berapa nilai energi dari produk yang dibeli, misalnya nasi, susu, roti, kentang, sayur, buah, dll. Selain mengetahui jumlah kalori yang dikonsumsi, kita juga harus disiplin menjaga pola makan.

Cara Mengurskan Badan – Mengatur Pola Makan

Langkah-langkah sederhana yang bisa ditempuh sebagai cara menguruskan badan dengan mengatur pola makan antara lain:

Menghindari lemak dan mengurangi karhobidrat.

  • Makan dengan teratur sebanyak 3x sehari pada jam yang sesuai, dengan porsi yang dikurangi. Makan teratur dengan frekuensi yang sama akan membantu tubuh untuk melakukan metabolisme lebih baik. Mengurangi frekuensi makan justru akan menghambat metabolisme tubuh sehingga kemungkinan diet tidak akan berhasil. Salah-salah kita justru akan terkena maag akibat pola makan yang tidak teratur.
  • Mengurangi konsumsi gula dan memperbanyak minum minimal 8 gelas air putih per hari.
  • Mengurangi konsumsi makanan instan dan fast food atau makanan siap saji. Jenis makanan tersebut memiliki risiko tinggi untuk menamah berat badan sehingga harus dihindari saat kita sedang menjalankan metode atau cara menguruskan badan.
  • Hentikan kebiasaan ngemil dan berhenti makan tiga jam menjelang tidur. Kalau ingin ngemil boleh saja, asal bukan gorengan atau makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak dan karbohidrat, seperti gorengan. Jika tetap ingin ngemil makanlah produk yang sehat dan rendah lemak seperti buah-buahan.

Cara Menguruskan Badan – Berbagai Metode Diet

Kita mengenal berbagai diet makanan yang bisa ditempuh sebagai cara menguruskan badan demi memperoleh bentuk tubuh ideal. Diet yang paling banyak dilakukan adalah diet rendah kalori, diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, hingga diet berdasarkan golongan darah.

Berbagai metode diet dapat dipilih sesuai dengan kondisi tubuh kita. Jika memilih diet sebagai cara menguruskan badan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum menjalankan program diet. Pendampingan dari dokter atau ahli gizi akan membantu kita mencapai target berat badan yang diinginkan. Jika tidak, bacalah buku-buku yang terkait dengan cara menguruskan badan dengan metode diet.

Cara Menguruskan Badan – Makanan Sehat Percepat Penurunan Berat Badan

Konsumsi makanan juga harus diperhatikan selama menjalankan program diet. Berikut ini daftar makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Apel

Apel mengandung banyak serat yang mampu mencegah kenaikan berat badan.

2. Sup sayuran

Sup sayuran memberikan efek mengenyangkan saat dikonsumsi sebagai sarapan pagi. Sarapan sop sayur akan menjaga Anda merasa kenyang hingga jam makan siang.

3. Oatmeal

Di Indonesia, kita mengenal oatmeal ini sebagai serat bekatul yang mampu membakar lemak lebih banyak. Sebaiknya, dikonsumsi 3 jam sebelum olahraga.

4. Jamur

Karena memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jamur memiliki efek kenyang yang setara seperti ketika Anda mengkonsumsi daging sapi.

5. Almond

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa mengkonsumsi kacang almond dapat membantu pelepasan lemak dari dalam tubuh.

6. Telur

jika dikonsumsi untuk sarapan telur memiliki efek mengenyangkan lebih lama dibandingkan dengan mengkonsumsi roti sebagai sarapan. Mengkonsumsi telur sebagai sarapan diyakini mampu menurunkan berat badan dua kali lebih cepat daripada roti, meski dengan jumlah kalori yang sama.

7. Cabai

Dapat membantu menrurangi rasa lapar jika dikonsumsi 30 menit sebelum makan, dan dapat mengurangi  porsi makan hingga 10 persen dari porsi biasa. Dan jika menyukai kopi, kita juga bisa mencoba mengkonsumsi kopi hijau yang diyakini bisa membantu proses menurunkan berat badan. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan, esktrak biji kopi hijau efektif untuk menurunkan berat badan tanpa membutuhkan waktu yang lama, yaitu berat badan Anda bisa turun sekitar 7 kg hanya dalam waktu 2 minggu saja!

Cara Menguruskan badan – Olahraga Teratur

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, mengatur pola makan atau diet saja tentu hasilnya masih kurang maksimal. Cara menguruskan badan harus didukung dengan olah raga yang teratur agar target menguruskan badan segera tercapai. Ada berbagai macam jenis olah raga yang bisa dilakukan. Olah raga yang efektif ditempuh sebagai cara menguruskan badan adalah latihan kardio, seperti renang, lari di lapangan maupun dengan treadmill dan juga aerobik.

Jenis olah raga yang dipilih untuk mendukung cara-cara menguruskan badan dengan metode diet juga harus disesusaikan kemampuan dan kondisi tubuh. Lakukan olah raga secara teratur dan proporsional sesuai kemampuan tubuh. Jangan memaksakan tubuh untuk berolah raga terlalu keras, karena justru menimbulkan resiko cedera tubuh. Berjalan kaki sebenarnya merupakan bentuk olah raga yang paling mudah dan sederhana.

Olah raga kecil dengan berjalan kaki setidaknya akan membantu tubuh bergerak dan membakar kalori. Selain jenis olah raga di atas, kita juga bisa mencoba cara menguruskan badan dengan yoga. Berlatih yoga secara teratur akan membangun kekuatan tubuh dan bisa membakar cukup kalori untuk menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan otot dan postur tubuh yang seksi, Anda bisa melakukan pose lyenger selama beberapa menit dengan selingan istirahat secukupnya. Meskipun tidak secara signifikan memberikan efek menurunkan berat badan, namun gerakan ini cukup efektif untuk membentuk postur tubuh. Jika ingin melakukan yoga sebagai cara menguruskan badan, sebaiknya kita berlatih selama 90 menit setidaknya tiga kali seminggu.

Untuk mengambil program penurunan berat badan, jenis yoga yang bisa dipilih antara lain Vinyasa atau disebut juga yoga aliran. Gerakan yoga tipe ini berdasarkan pada serangkaian pose yang disebut “salam matahari” (sun salutations).

Gerakan-gerakan Vinyasa yang populer dilakukan untuk tujuan menurunkan berat badan adalah:

  • A shtanga, gerakan ini biasanya diperuntukkan bagi yogi atau pelaku yoga yang berdedikasi tinggi, mengingat latihan yang cukup berat.
  • Power Yoga, jenis latihan yoga satu ini berkonsentrasi pada gerakan-gerakan kardiovaskular yang intens dan inilah yang membuat power yoga sangat populer.
  • Hot Yoga, gerakan ini termasuk dalam jenis latihan Vinyasa Yoga. Jenis yoga ini biasanya dilakukan dalam ruangan bertemperatur hangat sehingga membantu pengeluaran keringat kebih banyak.

Nah, semoga cara menguruskan badan ini dapat membantu memberikan referensi bagi yang membutuhkan. Apa pun cara menguruskan badan yang ditempuh, yang paling penting adalah motivasi, disiplin, konsistensi dan tanggung jawab dalam menjalankan program yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: