Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Tidak hanya secara instan, menghilangkan jerawat pun bisa secara alami. Jika Anda tidak tahu sama sekali bagaimana caranya, Anda bisa mencari informasinya di internet. Banyak artikel-artikel yang memuat tentang tips menghilangkan jerawat secara alami yang dapat kita baca. Kita bisa mencoba dan mengikuti tips menghilangkan jerawat secara alami tersebut.

Bila berbicara mengenai jerawat, tentulah kita sudah bisa menebak bahwa jerawat berkaitan erat dengan kecantikan. Bagi seorang wanita, kecantikan itu sangat perlu dan penting. Ada satu jerawat saja yang terdapat di muka, bisa membuat kita merasa kecantikan kita berkurang dan kita menjadi sedikit tidak pede.

Munculnya jerawat merupakan suatu masalah bagi kebanyakan wanita. Bagi pria pun sekarang juga sama. Banyak pria yang saat ini sangat menjaga mukanya. Terlebih ada yang sampai melakukan sebuah perawatan wajah layaknya seorang wanita. Semua dilakukan mereka hanya demi agar mukanya terlihat bersih dan sehat.

Jerawat sendiri merupakan sebuah kondisi di mana pori-pori kulit terhambat hingga memunculkan kantung nanah yang meradang. Seorang peneliti persoalan jerawat populer di dunia yang bernama Kligmann mengemukakan, “Di dunia ini tidak ada satu orang pun yang mengarungi periode hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”

Kemungkinannya disebabkan karena peralihan hormonal yang mengundang kelenjar minyak di kulit. Adapun peralihan hormonal lainnya yang bisa memicu munculnya jerawat yaitu pada masa kehamilan, masa menstruasi, penggunaan pil KB dan juga stres.

Merawat kecantikan muka sangat penting dan wajib dilakukan bagi para wanita. Sama halnya dengan penampilan yang harus selalu dijaga dan perlu perhatian ekstra. Menjaga muka agar selalu sehat tidaklah mudah. Diperlukan perhatian khusus dan perawatan yang rutin untuk menjaganya agar tetap sehat.

Elemen yang Menyebabkan Munculnya Jerawat

Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Elemen-elemen yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat yaitu:

·        Produksi Minyak yang Berlebih

Timbulnya jerawat tidak selalu karena kotor, tetapi juga lebih dikarenakan elemen dari dalam tubuh. Jerawat merupakan suatu keadaan abnormal kulit buah gangguan yang lewat batas produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang mengakibatkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Elemen umum penyebab timbulnya jerawat adalah hormon, tumpukan minyak, atau sebum di kulit bekerja sama dengan bakteri.

  • Organ-organ Kulit Mati

Biasanya, jerawat diakibatkan oleh kelenjar minyak yang lewat batas karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat muncul karena kelenjar minyak yang lewat batas tersebut berbaur dengan organ kulit mati. Saat organ-organ kulit mati berbaur dengan jumlah sebum yang telah meningkat tersebut, komposit yang tebal dan lengket tersebut bisa membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.

·        Kosmetik Penuh Kandungan Minyak

Penyumbatan pori-pori acapkali terjadi oleh pemakaian kosmetik yang di dalamnya mengandung minyak yang banyak atau pemakaian bedak yang berpadu dengan foundation. Foundation yang termaktub pada bedak mengakibatkan bubuk bedak gampang menyumbat pori-pori.

  • Pengonsumsian Obat Kortikosteroid

Pengonsumsian obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) ataupun topical (obat oles), yang menyebabkan imunitas tubuh menurun, juga menaikkan potensi munculnya jerawat sebab aktivitas bakteri patogen yang berkembang.

·        Adanya Bakteri

Yang membuat persoalan jerawat semakin kompleks adalah adanya bakteri yang disebut dengan p. acne di kulit, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang terhambat. Bakteri tersebut dapat menghasilkan zat-zat yang memunculkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membesar, dan bisa jadi akan pecah, lalu menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang mengakibatkan jerawat batu.

·        Sinar matahari

Sinar matahari apabila mengenai kulit akan membuat kulit menebal. Penebalan ini yang mengakibatkan penyumbatan pori-pori dan penciptaan jerawat.

  • Lain-Lain

Lingkungan, polusi, pemakaian kosmetik seperti yang telah dijelaskan di atas, dan ditambah dengan gaya hidup yang tak sehat seperti tidur yang tak teratur, atau merokok, dapat memicu munculnya jerawat.

Tips Menghilangkan Jerawat secara Alami Lengkap

Menghilangkan jerawat secara instan memang cepat, namun tetap saja bekas dari jerawat tersebut memerlukan waktu yang cukup lama untuk dihilangkan. Sama halnya dengan menghilangkan jerawat secara alami, diperlukan waktu yang cukup lama.

Sebagian orang ada yang mengetahui tips menghilangkan jerawat secara alami, dan sebagian orang lagi tidak. Ada yang berdasarkan pengalamannya sendiri, ada juga dari referensi orang-orang terdekatnya.

Di bawah ini merupakan beberapa tips menghilangkan jerawat secara alami:

  1. Memperbanyak konsumsi bawang putih. Bawang putih bisa melenyapkan bakteri merugikan di pori-pori kulit. Di samping itu, bawang putih juga berguna untuk menaikkan struktur kekebalan tubuh, termasuk juga kulit. Sehingga munculnya jerawat pun bisa dicegah.
  2. Olahraga serta tidur yang cukup. Stres yang kita alami setiap hari juga akan memicu ketidaksetimbangan hormon dan berakhir pada munculnya jerawat. Olahraga serta tidur yang cukup akan membantu tubuh memantapkan kembali hormon-hormon kita.
  1. Gunakan air hangat untuk membasuh muka. Seperti yang telah dijelaskan di atas, jerawat bisa muncul akibat kotoran yang terhambat di pori-pori kulit. Air hangat akan membuat pori-pori terbuka untuk sementara, sehingga sabun khusus muka kita dapat mengikis kulit sebanyak-banyaknya. Sehabis bersih, basuh kembali muka kita dengan air biasa, supaya pori-pori tertutup kembali.
  1. Menenggak air putih minimal 2 liter. Dengan menenggak air putih minimal 2 liter per hari, maka kulit kita akan selalu sehat. Karena hampir 70% kulit kita terdiri atas air.
  2. Pakailah pelembap kulit. Memakai pelembap akan membantu menyehatkan kulit kita, yang paling utama terhindar dari kulit kering serta pecah-pecah. Akan tetapi, pelembap yang digunakan bukanlah pelembap yang berminyak.
  3. Sering mengonsumsi sayur dan buah. Sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang dapat menyehatkan kulit kita. Banyak-banyaklah mengonsumsi sayur dan buah, terutama yang di dalamnya terkandung vitamin E. Dengan memiliki kulit yang sehat, maka jerawat akan sulit tumbuh dan berkembang.
  4. Menyesuaikan penggunaan kosmetik. Sesuaikan kosmetik yang digunakan dengan kulit kita. Apabila kosmetik yang dipakai tidak sesuai dengan keadaan kulit kita, maka jerawat akan segera muncul di kulit kita.
  5. Memakai tomat. Selain mengonsumsi bawang putih, memakai tomat juga bisa menghilangkan jerawat. Caranya adalah buah tomat dibelah menjadi dua, lalu kemudian dioles-oleskan ke muka yang berjerawat. Diamkan selama satu jam dan kemudian bilas sampai bersih. Tomat sangat ampuh untuk melenyapkan komedo hitam.
  6. Menghilangkan jerawat dengan memakai putih telur. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur sangat mudah. Pertama pisahkan kuning telur dan kemudian ambil putih telurnya. Kocok putih telur tersebut lalu oleskan pada muka dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu baru kemudian dibilas. Putih telur bisa digunakan untuk mengurangi minyak di muka kita.
  7. Menghilangkan jerawat dengan memakai jeruk nipis. Sama seperti tomat, cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis pun sangat mudah. Caranya yaitu campurkan perasan lemon dengan air mawar lalu kemudian oleskan di wajah. Diamkan selama 15 menit, dan kemudian bilaslah dengan air hangat.

11. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati jerawat karena di dalam jeruk nipis terkandung citric acid yang sangat baik untuk memindahkan organ-organ kulit yang mati yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Anda juga bisa melakukan beberapa tips pilihan di bawah ini:

·        Menggunakan Bunga melati

Siapkan 20 buah kuncup melati. Potong dua buah asam jawa dan sedikit belerang sebesar telur cicak. Semua bahan ditumbuk sampai halus. Kemudian diremas dengan air jeruk nipis sebanyak dua sendok makan. Gosokkan pada kulit yang berjerawat.

Bilas sampai bersih dengan air hangat.

  • Menggunakan Daun pepaya

Pilihlah daun papaya yang sudah tua sebanyak dua atau tiga lembar. Jemur daun papaya itu hingga kering. Lumatkan daun papaya itu dengan dicampur sedikit air, kemudian diperas untuk diambil sarinya. Sari daun papaya tersebut kemudian dioleskan pada wajah yang berjerawat.

  • Menggunakan Tomat

Pilihlah satu buah tomat yang segar.Tomat itu kemudian dibelah menjadi dua. Tomat yang telah dibelah kemudian diusapkan ke kulit yang berjerawat. Diamkan 45 menit sampai satu jam. Bilas sampai bersih dengan air hangat.

  • Menggunakan Bawang putih

Ambil satu atau dua suing bawang putih. Belah atau bisa juga ditumbuk hingga halus. Usapkan atau bisa juga ditempelkan pada kulit yang berjerawat. Biarkan tiga sampai lima menit. Bilas sampai bersih dengan air hangat.

  • Menggunakan Jeruk nipis

Ambil satu buah jeruk nipis kemudian diperas. Perasan jeruk nipis tadi dicampur dengan air mawar. Oleskan pada kulit yang berjerawat dan biarkan sekitar 15 menit. Bilas sampai bersih dengan air hangat.

  • Menggunakan Bedak Dingin

Selain tips menghilangkan jerawat secara alami, perawatan kulit pun bisa dengan menggunakan bedak dingin. Resep membuat bedak dingin adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

Tepung beras (1 gelas)

Tepung bengkoang (1 gelas)

Air wangi di sini bisa menggunakan air mawar secukupnya

Cara membuatnya:

Tepung beras dan tepung bengkuang dicampur menjadi satu. Campurkan dengan air wangi/air mawar secukupnya sambil digilas-gilas sampai lumat seperti membuat adonan yang pekat. Setelah itu, dibentuk bulat seperti telur cicak terus dijemur hingga kering.

Cara Pemakaian:

Satu atau dua butir  bedak dingin dicampur dengan sedikit air, lalu dioleskan pada kulit hingga merata. Bisa dilakukan saat akan tidur dan ketikan bangun tidur baru kita cuci dengan air hangat. Pemakaian bedak dingin ini juga bisa digunakan pada siang hari. Biarkan sekitar setengah jam, lalu dicuci dengan air hangat.

Cara Mencegah Muncul atau Bertambahnya Jerawat

Apapun usaha Anda untuk menghilangkan jerawat, akan lebih baik jika Anda mencegah terlebih dahulu kehadiran jerawat. Jerawat ini biasanya muncul karena pori-pori kulit tersumbat, sehingga menyebabkan kantung nanah yang meradang. Ada beberapa hal yang seharusnya kita lakukan untuk mencegah muncul atau bertambahnya jerawat.

v    Mencuci Wajah Dua Kali Sehari

Wajah harus dibersihkan minimal dua kali sehari. Mencuci wajah terutama dengan menggunakan air hangat dan sabun atau pembersih muka yang lembut akan membantu untuk menghilangkan minyak di kulit wajah. Saat akan tidur di malam hari, usahakan wajah Anda bersih dari kosmetik.

Dalam penggunaan sabun dan pembersih muka sebaiknya usahakan yang cocok dengan jenis kulit Anda. Membersihkan wajah sangat penting, terutama setelah Anda bepergian ke tempat yang jauh. Sebab, bisa saja udara kotor yang disebabkan debu atau polusi udara masih menempel di kulit Anda.

v    Hindari Kosmetik Berbahan Minyak

Jika wajah Anda sudah berminyak, coba hindarilah pemakaian kosmetik yang berbahan minyak karena ini akan menyebabkan kadar minyak di permukaan kulit Anda akan semakin banyak. Hal ini berpengaruh pada semakin bertambahnya jerawat yang muncul. Cobalah menggunakan kosmetik yang berbahan dasar air, apalagi saat ini kosmetik berbahan dasar air sudah mudah diperoleh.

v     Gunakan Kosmetik yang Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

Berhati-hatilah dalam penggunaan kosmetik, terutama jika Anda termasuk orang-orang yang senang mengikuti tren terbaru. Jika Anda salah dalam pemakaian kosmetik pada kulit Anda, jerawat dapat dengan mudah datang tanpa diundang.

v     Minum Air Putih yang Cukup

Minimal dalam satu hari usahakan Anda minum 2 liter air, sehingga kandungan air cukup untuk kesehatan tubuh, terutama wajah agar terlihat lebih segar.

v     Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah sangat baik untuk tubuh karena mengandung vitamin terutama sayur dan buah yang mengandung vitamin E karena vitamin E ini sangat baik untuk kulit.

v     Hindari Makanan yang Bisa Menimbulkan Jerawat

Makanan seperti kacang, susu, gula, permen, soda, es krim, cokelat, sereal, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

v     Cuaca Panas Perlu Mendapat Perhatian

Pada saat cuaca panas dan tubuh berkeringat, biasanya bakteri dan kotoran mudah menempel di wajah. Kebersihan rambut pun perlu diperhatikan, terutama rambut yang dibiarkan tergerai dan mengenai wajah ini pun bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat.

v     Usahakan Tidur Cukup dan Teratur

Tidur yang cukup dan teratur akan membuat kulit pun beristirahat dan membantu membuang racun-racun yang berbahaya bagi tubuh.

One Response to Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  1. Internet Positif mengatakan:

    Terima kasih Sangat Bermanfaat 18:53

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: