Tips Menghilangkan Komedo

Menghilangkan komedo menjadi urusan penting bagi wanita terutama para gadis, mengingat komedo sangat hobi bertengger di pucuk hidung.

Hidung seolah menjadi tempat favorit bagi komedo. Kehadirannya membuat hidung bertabur bintik-bintik hitam kecil menonjol, sehingga hidung menjadi mirip landak.Sementara, hidung merupakan bagian wajah yang sangat strategis dan menentukan keindahan wajah .

Hadirnya noda pada wajah merupakan musibah bagi kesempurnaan penampilan.

Sudah menjadi kesepakatan umum, bahwa cantik sangat identik dengan kulit yang mulus dan bersih.

Hadirnya noda pada wajah merupakan musibah bagi kesempurnaan penampilan. Komedo, sekalipun hanya berbentuk bintik-bintik kecil, namun kehadirannya dapat mengganggu kesempurnaan dan kemulusan wajah cantik Anda.

Komedo merupakan salah satu yang menyebabkan wajah khususnya daerah hidup cenderung kotor, tampak kusam, kasar dan sangat mengganggu penampilan. Karenanya, tidak heran jika sekarang banyak bermunculan produk-produk kosmetik yang berfungsi untuk mencegah dan menghilangkan komedo, mulai dari yang bekerja secara alami hingga kimiawi.

Mengenal Komedo

Apa yang dimaksud dengan komedo? Komedo adalah salah satu bentuk reaksi peradangan yang disebabkan oleh penyumbatan minyak berlebih (sebum), kotoran dan sisa make up pada pori-pori wajah.

Karena posisinya berada di dalam pori-pori wajah, seringkali pada saat membersihkan wajah sebum, kotoran dan sisa make up yang masuk ke pori-pori wajah tidak terangkat.

Akibatnya, mereka bersenyawa dan membentuk gumpalan keras yang menyumbat pori-pori. Hal ini perlu diketahui dan diperhatikan dalam usaha kita menghilangkan komedo dengan cara yang tepat dan aman.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan beberapa hal yang memicu pertumbuhan komedo di wajah khususnya area hidung, yaitu:

Jenis kulit

Jenis kulit berminyak biasanya lebih cenderung mudah ditumbuhi oleh komedo. Hal ini dikarenakan produksi minyak berlebih pada kulit wajah berpotensi menangkap kotoran dan menyumbat pori-pori wajah yang merupakan cikal bakal tumbuhnya komedo

Wajah yang kotor

Debu dan kotoran lain yang menempel pada wajah berminyak setelah beraktivitas sehari-hari merupakan salah satu pemicu tumbuhnya komedo. Oleh karena itu, membersihkan wajah setelah beraktivitas dan sebelum tidur adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan wajah yang bersih dari gangguan komedo.

Penggunaan make up

Ternyata penggunaan beberapa jenis make up dapat menyebabkan timbulnya komedo. Make up atau riasan yang dapat memicu pertumbuhan komedo ini disebut dengan make up yang bersifat comedogenic. Contoh make up yang dapat memicu pertumbuhan komedo diantaranya adalah alas bedak, bedak padat, pelembab, dan concealer. Oleh karena itu, ketika kita menggunakan kosmetik jenis ini harus benar-benar memperhatikan lama penggunaan dan pembersihannya setelah pemakaian.

Jenis-Jenis Komedo

Sebelum membahas tentang cara-cara menghilangkan komedo yang tepat dan aman, terlebih dahulu mari kita mengenal jenis-jenis komedo. Pada dasarnya komedo ada dua jenis. Yang pertama adalah blackheadatau komedo terbuka dan yang kedua adalah whitehead atau komedo tertutup.

Nah, apa perbedaan antara blackhead dan whitehead ini? Komedo terbuka (blackhead) dicirikan oleh penampilan khas pori-pori wajah tampak membesar disertai dengan munculnya tonjolan komedo yang bagian luarnya berwarna hitam (spot hitam). Warna hitam ini muncul karena komedo teroksidasi oleh udara luar. Sementara itu, komedo tertutup atau whitehead memiliki tampilan khas berupa benjolan kecil mirip titik-titik berwarna putih pada wajah khususnya wilayah hidung.

Sebab-Sebab Utama Munculnya Komedo

Sekilas dari penjelasan di atas kita sudah dapat menebak sebab-sebab munculnya muncul dan berkembang biaknya komedo pada wajah khususnya area hidung. Namun, tidak ada salahnya kita perjelas kembali. Adapun sebab-sebab tumbuh dan berkembangnya komedo antara lain:

Penyumbatan Pori-Pori

Penyumbatan pori-pori oleh bahan-bahan berminyak dan lengket merupakan salah satu penyebab timbulnya komedo, termasuk jerawat. Biasanya bahan-bahan ini banyak terdapat pada jenis-jenis kosmetik tertentu, seperti pelembab dan alas bedak.

Produksi minyak berlebih

Ini biasanya dimiliki oleh jenis kulit berminyak. Oleh karena itu, jika jenis kulit Anda termasuk jenis kulit berminyak, maka potensi untuk mengalami gangguan kulit berupa komedo sangat besar.

Kebersihan kulit yang tidak terjaga.

Ya, ini kuncinya. Kulit yang kotor atau terlalu lama ditempeli oleh kosmetik yang bersifat menutup pori-pori adalah penyebab utama munculnya gangguan kulit seperti komedo dan jerawat. Oleh karenanya, kunci menghilangkan komedo pada kulit terletak di sini.

Penggunaan make up atau kosmetik riasan yang bersifat comedogenic.

Kosmetik yang bersifat comedogenic adalah jenis kosmetik yang bersifat menutup permukaan kulit, sehingga penggunaannya sangat berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Jika digunakan terlalu lama atau tidak sempurna ketika membersihkan, maka sisa kosmetik yang terperangkap dalam pori-pori kulit berpotensi memicu pertumbuhan komedo.

Tips Mudah Menghilangkan Komedo

Setelah mengetahui pengertian, jenis-jenis, dan sebab-sebab munculnya komedo, sekarang kita masuk pada pembahasan tentang tips mudah menghilangkan komedo. Anda tentu tidak mau kan komedo mengganggu keindahan kulit cantik yang Anda banggakan? Oleh karena itu, perawatan dan pengobatan adalah kunci utama untuk menghilangkan komedo dari kulit. Adapun cara menghilangkan komedo yang baik harus sesuai dengan jenis kulit kita.  Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Menghilangkan Komedo Terbuka (blackhead)

Jika komedo yang menumpuk di kulit wajah Anda termasuk jenis komedo blackhead, maka Anda bisa melakukan dua jenis perawatan.

Yang pertama, jika komedo tersebut sudah banyak dan mulai menumpuk di pemukaan kulit khususnya hidung maka lakukan perawatan ekstra.

 

Lakukan perawatan seperti facial rutin setiap bulan. Facial, meskipun sangat efektif mengangkat komedo yang sudah menumpuk, namun jangan dilakukan terlalu sering.

Karena, facial yang terlalu sering dapat merangsang aktifnya gelenjar minyak dan menimbulkan peradangan pada kulit.

Facial sebaiknya dilakukan sebanyak satu kali sebulan. Dan lebih disarankan dilakukan setelah haid, karena pada saat tersebut terjadi perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak kulit meningkat.

Yang kedua, menghilangkan komedo juga harus dilakukan dengan perawatan rutin mandiri di rumah. Ada beberapa perawatan rutin untuk kulit berkomedo di rumah, diantaranya yaitu:

Membersihkan muka dengan pembersih atau face wash dua kali sehari terutama sebelum tidur.

 Melakukan perawatan rutin pengangkatan komedo dengan menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub. Jangan terlalu sering, sebaiknya dilakukan setiap dua kali seminggu. Setelah itu bilas wajah menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori wajah.

Mengindari penggunaan kosmetik yang bersifat comedogenic yang dapat memicu pertumbuhan komedo selanjutnya. Kalau pun terpaksa harus menggunakan kosmetik riasan yang bersifatcomedogenic, seperti alas bedak dan bedak padat, sebaiknya langsung dibersihkan

2. Menghilangkan Komedo Tertutup (whitehead)

Untuk komedo jenis ini, juga ada dua teknik perawatan yang digunakan untuk menghilangkan komedo. Yang pertama, membersihkan wajah dengan face wash atau scrub yang mengandung asam salisilat.

Mengapa harus mengandung asam salisilat? Karena asam salisilat yang terkandung pada face wash atau scrub tersebut berfungsi mengangkat lemak di hidung yang dapat memicu terbentuknya komedo. Selain itu, asam salisilat juga berfungsi mengurangi minyak dan mengangkat kotoran dari wajah. Sehingga, kulit wajah tampak lebih bersih dan segar.

Yang kedua, mengusapkan toner ke wajah setiap kali selesai membersihkan wajah. Membersihkan wajah dapat dilakukan baik denganface wash atau pun dengan susu pembersih.

Tidak terlalu sulit bukan? Sekarang, Anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan komedo yang mengganggu keindahan hidung cantik Anda. Cukup lakukan perawatan rutin dengan tepat dan rutin. Dengan demikian,menghilangkan komedo bukanlah sesuatu yang sulit.

One Response to Tips Menghilangkan Komedo

  1. Frilia Garlinha mengatakan:

    Reblogged this on frilia wg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: